Selasa, 11 Agustus 2020

MAKNA DAN TUJUAN PALUKATAN ATAU MELUKAT

Melukat tentunya merupakan suatu hal yang sangat baik, namun akan jauh lebih baik jika disertai mengetahui makna dan tujuan dari Melukat itu sendiri. Rendahnya pengetahuan seseorang akan arti dan makna Pelukatan (Melukat), sering sekali dimanfaatkan oleh oknum-oknum tertentu, dan bahkan terjadi komersialisasi terhadap Pelukatan itu sendiri. Adanya iming-iming dengan Melukat disini bisa menjadi seperti ini..., dan melukat disana bisa menjadi seperti itu..., yang acap kali belum tentu sepenuhnya benar. Begitu mudahnya umat diperdaya dengan iming-iming tersebut, tidak dapat dipungkiri banyak terjadi komersialisasi Pelukatan. Apa sebenarnya tujuan Melukat? Jika dalam pemahaman Anda bahwa Melukat dapat menghilangkan kekotoran batin, maka hal itu tidak sepenuhnya benar. Kekotoran batin bersumber pada pikiran negatif yang tentunya mengakibatkan perilaku yang negatif, dalam konteks ini Melukat bukan serta merta akan menghilangkan kekotoran batin sehabis Melukat.

Jika dalam pemahaman Anda bahwa Melukat dapat mensucikan diri, sekali lagi hal itu tidak sepenuhnya benar. Kesucian diri tidak serta merta dapat timbul hanya karena Melukat, kesucian diri sangat berkaitan erat dengan sikap, tingkah laku, dan pola pikir yang tentunya harus selalu positif.

Jika tujuan Anda melukat adalah untuk melebur dosa, maka hal tersebut sudah jauh melenceng. Dosa sangat berkaitan erat dengan Karma, segala perbuatan menghasilkan Karma, Karma buruk akan terbayar oleh Karma baik, jadi melukat bukanlah solusinya.

Ada juga yang mengkaitkan Melukat dengan kesadaran tertinggi, hal itu jauh dari kata mungkin. Kesadaran tertinggi akan timbul ketika seseorang sudah mulai Mulat Sarira (mengulas kembali, memahami dan menyadari segala kebaikan dan keburukan yang pernah dilakukan, baik perkataan maupun perbuatan).

Melukat sesungguhnya merupakan suatu bentuk pembersihan diri dari energi negatif dalam tubuh, dan segala jenis sakit yang disebabkan oleh energi negatif dapat dilakukan Pelukatan.

Energi sangat memegang peranan penting dalam hidup, segala bentuk energi negatif akan mengakibatkan segala bentuk prilaku negatif, emosi, kesialan, dan bahkan sakit. Disinilah fungsi Pelukatan, yaitu untuk membersihkan dan menetralisir segala jenis energi negatif dalam tubuh.

Sarana Pelukatan adalah air yang sudah dijadikan Tirta Pelukatan dengan Mantra dan Saji, selain itu Mata Air juga merupakan sarana Pelukatan yang sangat baik karena kemurniannya dan merupakan anugrah langsung dari Tuhan.

Pelukatan merupakan bentuk energi  positif yang disalurkan melalui media air (Tirta Pelukatan), jadi yang dapat dinetralisir oleh Pelukatan adalah energi negatif dalam tubuh.

Pelukatan atau Melukat tidak dapat membersihkan kekotoran batin, Pelukatan atau Melukat tidak dapat membersihkan jiwa dan menjadikan diri anda suci seketika, dan yang terpenting Pelukatan atau Melukat tidak dapat menghilangkan segala jenis dosa.

Hal ini sesuai dengan yang tertuang dalam Menawa Dhama Sastra v.109:
“Adbhir gatrani cuddhyanti manah sayena cuddhyanti,
widyo tapobhyam bhratātma buddhir jnanena cuddhyanti”.

Artinya:
“Tubuh dibersihkan dengan air, pikiran dibersihkan dengan kejujuran, roh
dibersihkan dengan ilmu dan tapa, akal dibersihkan dengan kebijaksanaan”.

Namun pelukatan dapat menetralisir energi negatif dalam diri, sehingga menimbulkan pemikiran yang positif dan pada akhirnya perkataan dan perilaku juga akan positif.

Salam Rahayu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar