Jumat, 06 April 2012

Setting program agar selalu berjalan dengan hak administrator ( always run as administrator ) pada windows xp

Hai sahabat TUTORIAL & LIFESTYLE, kali ini saya mau berbagi tentang hak akses pada windows xp. Mungkin pernah dari anda yang mengalami kasus seperti yang saya alami. Saya menjalankan windows xp saya  dengan account Limmited Account. Nah ada program yang harus dijalankan sebagai administrator, sebenarnya bias saja sih kita jalankan program tersebut dengan cara :

Click kanan pada program maupun shortcut program tersebut lalu pilih “run as

Kemudian masukkan user Administrator anda seperti gambar dibawah.


Tapi repot juga kalau tiap kali mau pakai program tersebut harus masukin user administrator seperti langkah diatas, dan seandainya kalau program tersebut dipakai juga oleh orang lain kan bisa bahaya, sebab untuk bisa menggunakan program tersebut, kita harus membagi kepada orang lain informasi tentang user administrator kita. Masa tiap mau dipakai orang lain kita harus bukain lebih dahulu, hehehe lebih repot lagi kan..
Tapi tenang, saya punya solusinya. Maka dari itu saya tuli tutorial mengenai  Setting program agar selalu berjalan dengan hak administrator ( always run as administrator ) pada windows xp ini.

Berikut adalah caranya :

Pertama kita harus masuk ke command prompt (cmd) dengan akses administrator. Bagaimana caranya?
Masuk ke Start >> All Programs >> Accessories

Nah disana ada Command Prompt, wait jangan langsung di click hehehe kita harus click kanan lalu Run As. Nah itu pakai Run As juga? Hehe ini cumin sekali untuk setting aja…

Setelah itu masukin user Administrator anda, dan jika sudah akan muncul Command Prompt seperti dibawah ini :

La kok sama aja kayak command prompt biasanya? Hehe ya jelas sama.. tampilan command prompt ya segitu segitu aja. Bedanya adalah command prompt kali ini berjalan dengan hak access penuh alias access administrator.
Selanjutnya untuk kita setting deh suatu program agar saat dijalankan selalu berjalan dengan hak administrator. Caranya?
Misalkan saya mau mensetting delphi7 yang terinstall pada computer anda agar saat dijalankan selalu berjalan sebagai administrator. Pertama-tama kita harus tahu dimana program tersebut diinstall. Sebagai contoh program delphi7 saya terinstall di C:\Program Files\Borland
Ketikkan printah dibawah pada command prompt tadi lalu Enter :

C:\>cacls "Program Files\Borland" /e /t /p users:c

dimana "Borland" ini adalah tempat terinstallnya Delphi7.

Segitu aja ya? Ya iya segitu aja.. sekarang setiap anda menjalankan delphi7 tadi tidak perlu Run As lagi.  Nah bagaimana cara mengembalikannya, misalkan saya mau mengembalikan ke settingan normal?

Tenang berikut caranya : masih sama dengan yang diatas buka command prom dan jalankan command prompt  dengan access Administrator. Seperti diatas, yang Run As itu.
Setelah muncul ketikkan perintah dibawah lalu Enter:

C:\>cacls "Program Files\appfolder" /e /t /p users:r

Udah deh kembali normal… 
Sekian dulu ya, semoga artikel ini berguna buat Anda. jangan lupa kunjungi terus TUTORIAL & LIFESTYLE, dan dapatkan Update artikel terbaru kami.

1 komentar: